Sabtu, November 24, 2007

Panel Surya Baru Membentang di ISS


CAPE CANAVERAL, RABU - Sepasang panel surya baru membentang sempurna di stasiun antariksa internasional (ISS). Tim pengendali misi dari Houston, Texas, AS berhasil melakukannya dari jarak jauh, Selasa (12/6) pukul 14.00 waktu Florida atau Rabu (13/6) pukul 1.00 WIB saat para astronot tengah tidur.
Permukaan rangkaian sel surya yang masing-masing sepanjang 73,15 meter terlihat berkilauan saat diterpa cahaya Matahari. Panel surya dari gulungan S3/S4 ini akan menjadi sumber pembangkit energi baru bagi ISS melengkapi dua pasang panel surya yang telah terpasang sebelumnya.
Gulungannya telah terpasang di bagian luar ISS sejak Senin (11/6) dan telah dibuka ikatannya oleh dua orang awak Atlantis sepanjang misi spacewalk pertama yang berlangsung 5 jam 15 menit. Ia harus direntangkan sebelum para awak Atlantis dapat melakukan proses pengabelan, menghubungkannya ke sumber listrik utama, dan mengaktifkan sistem rotari agar panel surya selalu dapat bergerak mengikuti arah pergerakan semu Matahari untuk memperoleh sumber cahay optimum.
Spacewalk kedua rencananya akan dilakukan Rabu (13/6) pukul 14.03 waktu Florida atau Kamis (14/6) pukul 01.03 WIB. Kali ini akan dilakukan oleh spesalis misi Patrick Forrester dan Steven Swanson.
NASA merencanakan tiga kali spacewalk dalam misi Atlantis kali ini. Namun, saat ini tengah dipertimbangkan spacewalk tambahan setelah diputuskan bahwa misi diperpanjang menjadi 13 hari atau lebih lama 2 hari dari rencana semula. Wahana ulang alik Atlantis beserta tujuh awaknya direncanakan kembali mendarat di Kennedy Space Center, Florida tanggal 21 Juni. Sumber: reuters

Tidak ada komentar: