Sabtu, November 24, 2007

Astronot Lakukan Spacewalk di ISS


HOUSTON, SABTU - Dua astronot melakukan spacewalk (berjalan di luar angkasa) untuk menyelesaikan pekerjaan penambahan ruangan baru di stasiun ruang angkasa internasional (ISS) hari Sabtu (24/11).
Dalam spacewalk itu, Komandan Peggy Whitson dan Daniel Tani memasang kabel-kabel elektrik yang bakal menghubungkan stasiun dengan kompartemen Harmony. Kompartemen ini dibawa ke ruang angkasa menggunakan pesawat ulang alik Discovery bulan lalu. Harmony akan difungsikan sebagai tempat docking bagi laboratorium baru dari Eropa yang dinamai Columbus.
Laboratorium tersebut akan dikirimkan ke ISS menggunakan pesawat Atlantis. Sedangkan laboratorium Jepang segera menyusul tahun depan untuk bergabung dengan modul sebesar bus sekolah itu.
Pengendali misi di Bumi melakukan pengecekan sistem Harmony hari Sabtu untuk memastikan modul akan siap menerima laboratorium. "Sejauh ini semua berjalan dengan baik," kata Pusat Pengendai Misi pada para astronot setelah keduanya kembali ke stasiun di akhir spacewalk mereka.

Tidak ada komentar: